Bisnis Online Zuperbuzz

Posted by Eddie Doank On Jumat, 11 Juni 2010 0 komentar



Tulisan ini saya buat berdasarkan pemahaman saya takala ada keinginan memiliki Bisnis Online lebih dari setahun yang lalu, lalu mencoba menambah ilmu pengetahuan dengan membaca ataupun mencari di internet. Dengan demikian tulisan ini tidak akan sekaya tulisan dari orang yang sangat sarat pengalaman menjalankan Bisnis Online.


Keinginan untuk memiliki Bisnis Online sudah lama ada dalam hati, namun keinginan itu kadang muncul kadang tengelam. Saat ada waktu luang keinginan itu dipikirkan dan ditindaklanjuti dengan membaca buku atau mencari di internet mengenai bisnis online. Untuk masuk ke dunia online seperti yang kita ketahui sebaiknya memiliki blog atau situs sendiri, baik yang berbayar atau pun yang gratis mis wordpress, blogspot. Nah dalam posisi disini pikiran saya sudah bercabang, jalan manakah yang harus ditempuh dalam memilih blog antara yang gratis atau yang berbayar. Memilih website yang dirancang khusus, tentu bisa mewujudkan semuai keinginan dan tampilannya pun lebih menarik. Yang gratis tampilannya hampir mirip satu sama lain, dibatasi kebebasan mendesain ulang, tidak selalu pas dengan keinginan pemilik. Selanjutnya ada lagi ide, bagaimana membuat website yang gratis tapi tampilannya bisa sesuai keinginan? Dari pencarian ketemulah beberapa pilihan, dan pilihannya adalah Joomla. Belajar Joomla tentulah tidak mudah bagi pemula seperti saya apalagi secara otodidak. Agar dapat dijalankan, Joomla membutuhkan aplikasi lain: Web server, Engine PHP dan Database MySQL dan diinstal ke komputer termasuk Prog. Joomla sendiri, karena rancangan websitenya akan dibuat di komputer sendiri (server lokal) dan setelah websitenya jadi, baru dipindahkan ke server yang ada di Indonesia ataupun diluar, misalnya Amerika untuk dapat diakses Browser mis Opera Fire Fox, Chrome dll dari seluruh penjuru dunia. Ibarat membangun rumah, komponen bangunannya sudah tersedia. Diluar itu tentu saja harus mulai melengkapi diri dengan pengetahuan bahasa PHP dan HTML. Karena saya amatiran tidak ada network planning, bisa jadi yang saya bangun jendela dulu baru atap. Sampai sekarang bangunan situs ini belum jadi-jadi, walau sudah hampir setahun ada di komputer, baru hanya pondasi karena tukangnya malas-malasan dan amatiran.

Nah, apa yang ingin saya sampaikan disini adalah bahwa bila kita ingin masuk ke Bisnis Online harus memilih jalan yang selektif dan praktis, tidak mengutamakan kesempurnan. Baru setelah berjalan, bisa memilih jalan yang lain. Apa yang saya lakukan di atas adalah langkah yang tidak praktis untuk tujuan mendapatkan sumber pendapatan dari Bisnis Online, hilang waktu berharga. Seandainya saya memilih wordpress misalnya, dalam waktu yang hilang itu blog saya sudah bisa dikenal orang dan sdh bisa menghasilkan. Belajar dari pengalaman ini maka langkah yang tepat adalah memilih situs yang praktis untuk tujuan kita dan bisa cepat dikenal orang. Untuk apa situs yang cantik tapi sepi pengunjung. Maka dengan pengalaman tadi, Web Toko Online made in Zuperbuzz layak dimiliki, karena praktis dan sudah dilengkapi alat promosi sekali klik dalam penyebaran ke ratusan situs iklan. Coba anda lihat Produk Web Toko Online milik saya, sudah dilihat 250 orang mulai tanggal 28 April 2010 yang lalu s/d tanggal 2 Mei 2010 (hanya dalam 5 hari pertama).

Selanjutnya, mengenai Memilih Model Bisnis Online harus dipahami dulu Bisnis yang biasa dijalankan di internet, secara garis besar dapat dimasukkan dalam beberapa kategori, yakni :

Menjual produk sendiri maupun orang lain. Dalam kategori ini bisa berupa produk berwujud seperti elektronik, baju, buku dll; menjual e-book (buku berwujud file): menjual kursus multimedia, menjual software, menjual hak keanggotaan; menjual hak paten; menjual produk yang dipackaging ulang (dibuat label baru)
Menjual jasa/servis, misalnya jasa pembuatan website, jasa penulisa artikel dsb
Menjual atau mereferensikan produk atau jasa orang lain dengan imbalan kompensasi komisi. Dalam kelompok ini ada istilah PPC (Pay Per Clik), akan mendapatkan kompensai bila pengunjung meng-klik iklan. Ada juga Pay Per Sale, mendapatkan komisi bila terjadi transaksi penjualn. Multi level yang dijalankan online masuk dalam kategori ini.
Membuat website dengan konten tertentu untuk target pasar tertentu, dengan harapan akan ada pemasang iklan yang sesuai dengan konten tersebut.
Broker website, jual beli website
Kelima model diatas sudah dapat mewakili 90% ke atas cara menghasilkan uang dari internet. Manakah yang terbaik? Tidak ada yang terbaik, semuanya berpulang kepada keunikan pelaku bisnis online sendiri. Misalnya jika anda senang membuat produk, affiliate belum tentu sesuai dengan anda. Yang terbaik bagi orang lain belum tentu cocok dengan anda. Dengan demikian yang terbaik bagi anda adalah yang sesuai dengan pengalaman, pengetahuan, minat, bakat dan lain-lain yang sesuai dengan kepribadian anda.
Tentu anda sering menemukan kata-kata yang memukau di internet misalnya: cara cepat kaya, mesin penyedot uang dari ATM tanpa melanggar hukum, sistem mesin uang otomatis. Semua ini harus dipahami sebagai cara promosi yang dipilih untuk memasarkan e-book kepada pengunjung. Mesin uang yang dimaksud adalah websitenya sendiri yang memang selalu online 24 jam non stop, menyedot uang yang dimakssud adalah transfer uang ke rekening pemilik situs saat terjadi transaki beli dari pengunjung situs.
Namun yang perlu diingat ialah dalam membangun bisnis online anda harus menentukan model bisnis yang akan digeluti dan dibutuhkan waktu dan usaha mencapai sukses yang diinginkan. Tentukan pilihan yang terbaik untuk anda.

www.tips-fb.com

0 komentar:

Posting Komentar